MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI

 



WORKSHOP PENINGKATAN KETERAMPILAN MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERDIFRENSIASI

PGRI CABANG KECAMATAN TANJUNGBUMI

SMPN 1 Tanjungbumi, Sabtu 7  Oktober 2023

 

A.  Nama Kegiatan

Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasi-kan Pembelajaran Berdifrensiasi yang diselenggarakan oleh PGRI Cabang Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan.

 

B. Latar Belakang

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional  Pasal 41  ayat  (3)  mengamanatkan   pemerintah  pusat  dan  daerah  wajib  memfasilitasi  satuan  pendidikan  dengan  pendidik  dan  tenaga kependidikan  yang  diperlukan  untuk  menjamin  terselenggaranya  pendidikan  yang  bermutu.  Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang berfungsi untuk menyiapkan peserta didik agar  dapat menghadapi  tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional, dan global melalui pembelajaran  aktif,  inovatif,  kreatif,  dan  menyenangkan.  Oleh  karena  itu,  pendidikan  perlu  dikembangkan  secara  berkelanjutan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Guru  sebagai  salah  satu  sub  sistem  dari  sistem  pendidikan  nasional  memiliki  peran  strategis  dalam  mempersiapkan peserta didik menjadi anak Indonesia yang pintar, trampil, dan berkarakter. Kewajiban guru sesuai  Peraturan  Pemerintah  Nomor  74  Tahun  2008  tentang  Guru  Pasal  52  ayat  (2)  mencakup  kegiatan pokok  yaitu  merencanakan  pembelajaran,  melaksanakan  pembelajaran,  menilai  hasil  pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan.

Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi peserta  didik,  keluarga  maupun  masyarakat.  Selaras  dengan  kebijakan  pembangunan  yang  meletakkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global.

Kualitas guru sangat menentukan keberhasilan dalam proses transformasi pendidikan di Indonesia. Dalam implementasi di lapangan pembelajaran yang berpihak kepada anak menjadi landasan utama dalam tataran praktisnya. Berpihak kepada anak dapat dilakukan dengan pembelajaran yang kreatif, inovatif, menyenangkan, memperhatikan keragaman dan keunikan anak dengan segala kompleksitasnya, serta hal yang utama adalah sesuai dengan minat dan kebutuhan anak sesuai dengan kodrat dan zamannya.

Seorang guru harus memiliki kompetensi mengenai  cara-cara  melakukan  pembelajaran  yang  kreatif,  inovatif,  menarik  dan  menyenangkan  dalam  rangka  mencapai  kompetensi  atau  indikator  yang  telah  dirumuskan. Proses pembelajaran di sekolah merupakan  salah satu  bagian yang terpenting dari pendidikan pada semua  jenjang  yang  perlu  ditingkatkan  mutunya  secara  terus  menerus. Dalam  proses  pembelajaran  peserta  didik  harus memperoleh pengalaman belajar untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Hal ini  penting  dilakukan  semua  pihak  khususnya  guru  dalam  upaya  membentuk  “insan  Indonesia  cerdas,  kompetitif,  dan  berdaya  saing  tinggi”  untuk menghadapi  persaingan  global. Sejalan  dengan  hal  tersebut guru harus  melakukan  berbagai  kegiatan  pengembangan  keprofesionalannya,  di antaranya  melalui  inovasi  pembelajaran yang berpihak kepada anak.  Untuk  mencapai  proses  pembelajaran  yang  diinginkan  seperti  tersebut  di atas  maka  kompetensi guru mutlak dimiliki oleh setiap guru.

Salah satu elemen penting dalam program merdeka belajar dan kurikulum merdeka belajar adalah program pembelajaran yang berpihak pada anak di antaranya adalah pembelajaran yang berdifrensiasi. Anak hadir dengan potensi, minat, kemampuan, dan kekhasannya masing-masing. Guru yang professional dan kompeten, harus senantiasa menghadirkan berbagai implementasi pembelajaran yang mengakomodasi keberagaman anak dalam setiap dimensi dan prosesnya. Pembelajaran berdifrensiasi adalah bagian dari pembelajaran sebagai bentuk layanan pendidikan yang mengakomodasi berbagai kebutuhan dan keragaman anak dengan didasarkan pada kesiapan belajar, profil belajar, dan minat belajarnya.

Guru yang memahami bahwa pendekatan belajar mengajar harus sesuai dengan kebutuhan murid, akan mencari setiap kesempatan untuk mengenal murid mereka dengan lebih baik. Mereka melihat perkembangan  individu, dinamika kelompok, assessment, analisis kebutuhan, observasi, treatment, dan penilaian formal sebagai cara untuk terus mendapatkan wawasan tentang apa yang paling berhasil untuk setiap muridnya. Apa yang mereka pelajari akan menjadi katalis untuk menyusun dan merancang pembelajaran dengan cara-cara yang membantu setiap murid memaksimalkan potensi dan bakatnya.

Implementasi pembelajaran berdifrensiasi memiliki keragaman yang berusaha untuk memberikan pengalaman belajar  secara tepat dan menantang sesuai dengan profil belajar dan berbasis pada konten, proses, dan produk. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan perpaduan dari pembelajaran seluruh kelas, kelompok, dan individual. Seluruh dimensi inilah yang kemudian hadir dengan segala perbedaan, karakteristik, dan keberagamannya dalam individu, kelompok, dan kesatuan kelas.

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berdifrensiasi, guru-guru di lingkungan Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan diperlukan ajang untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan melalui  Workshop Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi. Hal ini dipandang perlu  untuk menumbuhkan dan mengasah inovasi dan kreativitas guru dalam pembelajaran di kelas, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa secara keseluruhan.

 

C.  Tujuan Kegiatan

Tuntutan Kurikulum Merdeka Belajar adalah mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak kepada siswa, sesuai dengan potensi dan karakteristiknya untuk berkembang secara optimal. Salah satunya adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran berdifrensiasi. Tujuan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi adalah sebagai berikut.

1.    Meningkatkan pemahaman guru tentang hakikat dan konsep pembelajaran berdifrensiasi.

2.    Meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan pemetaan siswa dengan segala difrensiasinya.

3.    Meningkatkan keterampilan guru dalam memahami difrensiasi berdasarkan konten, proses, dan produk dalam perspektif profil belajar dan minat siswa.

4.    Meningkatkan keterampilan guru dalam merancang RPP dan mengimplementasikan pembelajaran berdifrensiasi.

5.    Sebagai bentuk pengembangan diri guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran dalam kerangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

 

D.  Sasaran Kegiatan

Sasaran kegiatan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi  dilakukan dengan pola 32 jam dengan kegiatan in dan on service training adalah sebagai berikut.

1.    Guru di lingkungan Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan sekaligus anggota PGRI Kecamatan Tanjungbumi.

 

E.  Materi Kegiatan

Materi dan metode Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi merupakan  sebuah  upaya  pembaharuan  terhadap  berbagai  komponen  yang  diperlukan  dalam  penyampaian  materi kegiatan  dan  mampu  memecahkan  masalah  dalam implementasinya,  serta memiliki dampak positif dan manfaat berkelanjutan. Materi kegiatan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi dilakukan dengan pola 32 jam dengan kegiatan in dan on service training.

Ruang  lingkup  kegiatan workshop berisi  tentang  hakikat dan konsep pembelajaran berdifrensiasi, pemetaan siswa dengan segala difrensiasinya. difrensiasi berdasarkan konten, proses, dan produk dalam perspektif profil belajar dan minat siswa, serta merancang RPP dan mengimplementasikan pembelajaran berdifrensiasi. Adapun materi kegiatan workshop dideskripsikan sebagai berikut.

 

Tabel 1

Materi Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi

No.

Materi Workshop

Jumlah Jam

Keterangan

1.

Kebijakan Peningkatan Kualitas Guru

2 JP

In Service

2.

Hakikat Pembelajaran Berdifrensiasi

2 JP

In Service

3.

Pemetaan Siswa dalam Pembelajaran Berdifrensiasi

3 JP

In Service

4.

Difrensiasi Berdasarkan Konten, Proses, dan Produk

6 JP

In Service

5.

Best Practice Pembelajaran Berdifrensiasi

3 JP

In Service

6.

Merancang RPP Berdifrensiasi

6 JP

In Service

7.

Implementasi Pembelajaran Berdifrensiasi

8 JP

On Service

8.

Rencana Tindak Lanjut

2 JP

In Service

Jumlah

32 JP

 

 

Metode kegiatan diarahkan dengan metode diskusi membahas permasalahan yang berhubungan dengan difrensiasi, Best Practice pembelajaran berdifrensiasi, sharing pengalaman, problem solving untuk mengatasi berbagai permasalahan dan kendala-kendala yang ditemukan, merancang dan membuat RPP serta mengimplementasikan difrensiasi sesuai dengan kelas dan mata pelajaran yang diampu.

 

Tabel 2

Roundown Acara Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi

No.

Acara

Pengisi/Penanggungjawab

Keterangan

1.

Pembukaan

Pembawa Acara

 

2.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Sunarsih, SE, M.Pd

 

3.

Sambutan Ketua PGRI Cabang Tanjungbumi

Achmad Muzammil, M.Pd

 

4.

Doa/Penutup

Abdurrahim Shaleh, S.Pd

 

5.

Sessi Inti

Kebijakan Peningkatan Kualitas Guru Sekaligus Membuka Kegiatan

 

H. Moh. Said

 

6.

Hakikat Pembelajaran Berdifrensiasi

Taufik Albar

 

7.

Pemetaan Siswa dalam Pembelajaran Berdifrensiasi

Taufik Albar

 

8.

Difrensiasi Berdasarkan Profil dan Minat Belajar

Rahayu Priyatin

 

9.

Difrensiasi Berdasarkan Konten, Proses, dan Produk

Rahayu Priyatin

 

10.

Best Practice Pembelajaran Berdifrensiasi

Taufik Albar

 

11.

Merancang RPP Berdifrensiasi

Taufik Albar

 

12.

Implementasi Pembelajaran Berdifrensiasi

Rahayu Priyatin

 

13.

Rencana Tindak Lanjut

Muhaimin

 

 

 

F.  Narasumber Kegiatan

Narasumber kegiatan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi  adalah narasumber yang kompeten dalam bidang pembelajaran, khususnya praktik difrensiasi. Dalam hal ini adalah guru dan tenaga kependidikan berprestasi. Adapun rencana nasrasumber dalam  kegiatan Workshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi adalah sebagai berikut.

 

Tabel 3

NarasumberWorkshop Peningkatan Keterampilan Merancang dan Mengimplementasikan Pembelajaran Berdifrensiasi

No

Narasumber

Materi

1.

Taufik Albar

Fasilitator Guru Penggerak

6, 7, 10, 11

2.

Rahayu Priyatin

Fasilitator Guru Penggerak

 

8, 9, 12




Daftar Peserta :

NO

NAMA

INSTANSI

1

WULAN SEPTYA NINGRUM, S.Pd

UPTD SDN PASESEH 1

2

RAHMAWATI, S.Pd. SD

UPTD SDN TANJUNG BUMI 1

3

NURUL KOMARIAH, S.Pd SD

UPTD SDN TANJUNG BUMI 3

4

SITI NURJANA, S.Pd

UPTD SDN TANJUNG BUMI 3

5

ROFIAH YULIANTI, S.Pd

UPTD SDN TANJUNG BUMI 3

6

IMAM WAHYUDI, S.Pd

UPTD SDN TANJUNG BUMI 4

7

AHMAD BAIDA'I, S.Pd.

UPTD SDN TANJUNG BUMI 4

8

ZAHROH, S.Pd.

UPTD SDN TELAGABIRU 1

9

DIAH NOVIANTI, S.Pd. SD

UPTD SDN TELAGABIRU 2

10

CHOLILAH, S.Ag.

UPTD SDN TELAGABIRU 2

11

ASMADI BAHARUDIN, S.Pd. SD

UPTD SDN TAGUNGGUH 1

12

YUNITA ARISWATI,S.Pd

UPTD SDN TAGUNGGUH 2

13

HIDAYATUS SOFIYAH, S.Pd.

UPTD SDN TAGUNGGUH 3

14

SHERLY NUR ALVIATIEN, S.Pd.

UPTD SDN BUMIANYAR 1

15

AZIZAH, S.Si

UPTD SDN BUMIANYAR 2

16

AKHMAD WARDI, S.Pd.

UPTD SDN LARANGAN TIMUR 2

17

DITTA SUKMAWATI, S.Pd.

UPTD SDN LARANGAN TIMUR 4

18

SITI AISA, S.Pd. SD

UPTD SDN MACAJAH 3

19

SUUD ABDURRAHMAN, S.Pd.

UPTD SDN TLANGOH

20

SULYADI, S.Pd.

UPTD SDN BANYUSANGKA 1

21

SLAMET ASUKUR, S.Pd

UPTD SDN BUNGKENG 2

22

SRI ERMILININGSIH, S.Pd.

UPTD SDN BANDANG DAJAH 3

23

MUJIB, S.Pd.I

UPTD SDN AENG TABAR 1

24

ROFIQOH

UPTD SDN AENGTABER 1

25

UMRIYAH, S.Pd.

UPTD SDN PLANGGIRAN 2

26

SITI RUMYAH, S. Pd

UPTD SMPN 1 TANJUNG BUMI

27

ZAIMAH, S.Pd

UPTD SMPN 1 TANJUNG BUMI

28

SUAIDAH, S.Pd.

UPTD SMPN 1 TANJUNG BUMI

29

MUSYARROFAH, S.Pd.

UPTD SMPN 1 TANJUNG BUMI

30

HERMINNINGSIH

UPTD SMPN 1 TANJUNG BUMI

31

GUNAWAN SETIAWAN, S.Pd.

SMAN 1 TANJUNG BUMI

32

RUBAIAH, SE, S.Pd

SMAN 1 TANJUNG BUMI

33

DEWI SEPTI WARDANI, S.Pd, Gr.

SMAN 1 TANJUNG BUMI

34

HERAWATI, S.Pd.

SMAN 1 TANJUNG BUMI

35

FATHORRAHMAN, S.Pd

SMAN 1 TANJUNG BUMI

36

FERY PINDA SAGI, S.Pd.

SMKN 1 TANJUNG BUMI

37

DIDIK SUPARYANTO, S.Pd

SMKN 1 TANJUNG BUMI

38

NOVA SAFARIA, S.Pd

MTS SAIFUL ULUM TANJUNG BUMI

39

JATIMAH ANDRIANI SULASTRI, M.P

MTS SAIFUL ULUM TANJUNG BUMI

40

HERMAN, S.Pd. SD

UPTD SDN LARANGAN TIMUR 1

41

RINA KURNIAWATI, S.Pd.

UPTD SDN TAGUNGGUH 4

42

IMAM WAHYUDI, A.Ma.

UPTD SDN BANDANG DAJAH 1

43

SITI HUMAIROH, S.Pd

UPTD SDN MACAJAH 1


44

KARIMATUL FITRIANA, S.Pd.

UPTD SMPN 3 TANJUNG BUMI SATAP

45

SATROLI, S.Pd.

UPTD SDN MACAJAH 2

46

ZAINABUL KHOMARIYAH, S.Pd.

UPTD SDN BUNGKENG 1

47

FITRI SUBAIDI, S.Pd.

UPTD SMPN 3 TANJUNG BUMI

48

HORIDATUS SAADAH, S.Sos

MTS. SAIFUL ULUM TANJUNG BUMI

49

SUWARNI SISWO HARJATI, S.Pd.

UPTD SDN PLANGGIRAN 1

50

ERNI SUJIEM, S.Pd.

UPTD SDN PLANGGIRAN 1

51

LUDFIYAH, S.Pd.

SMAN 1 TANJUNG BUMI

52

MURNIASIH, S.Pd.

SMAN 1 TANJUNG BUMI

53

MARYANI MAY PUTRI, S.E

UPTD SMPN 2 TANJUNGBUMI

54

YAYAN SUKMA ADINATA, S.Pd.

UPTD SMPN 2 TANJUNGBUMI

55

ACHMAD MUZAMMIL, S.Pd., M.Pd

SMAN 1 TANJUNG BUMI

56

MUHAMMAD SIHAR, S.Pd

LARANGAN TIMUR 4

57

SUNAINAH, S.Pd.

UPTD SMPN 1 TANJUNG BUMI

58

ABDUL WAHED, M.Pd.

SMAN 1 TANJUNG BUMI

59

ARI SUTARTI, S.Pd.

UPTD SDN MACAJAH 3

60

PAIJAN, S.PD..

UPTD SDN MACAJAH 1

61

DR. AHMAD SABARUDIN, M.M.Pd.

UPTD SMPN 1 TANJUNG BUMI

62

SUNARSIH, SE.

SMAN 1 TANJUNG BUMI

63

SELAMET HARIYANTO, M.Pd

SMAN 1 TANJUNG BUMI

64

DR. MUHAIMIN, M.Pd.

UPTD SDN AENGTABAR 1

65

HARYAWATI, S.Pd. SD

UPTD SDN MACAJAH 3

66

PEVI DAMAYANTI, S.Pd. SD.

UPTD SDN BANDANG DAJAH 2

67

DIAN FAIZAH, M.M.Pd

UPTD SDN TAGUNGGUH 2

68

MUHARRAH, S.Pd. SD

UPTD SDN TELAGABIRU 1

69

MASYHUDI RIAMAN, M.Pd.I.

UPTD SMPN 2 TANJUNG BUMI

70

FAJARIYAH EKA SUSILAWATI, S.Pd.

UPTD SDN LARANGAN TIMUR 2

 


                                                       Tanjungbumi, 30 September 2023

  Ketua Cabang PGRI Tanjungbumi                                 Ketua Panitia

 

 TTD                                                                TTD

 

   ACHMAD MUZAMMIL, M.Pd              Dr. H. A. SABARUDDIN, M.M.Pd                      

 





Komentar

Postingan Populer