Seribu Pelita Bintang Pendidikan Bangkalan Menuju MURI!




PGRI Kabupaten Bangkalan kembali keluar dari zona nyaman dengan menggelar sosialisasi dan Diklat di beberapa Kecamatan di wilayah cabang. Inisiatif ini bertujuan untuk mencatat rekor nasional dalam penulisan artikel selama satu kesempatan untuk bisa diunggah dan dijadikan buku antologi Guru. Artikel yang disusun oleh para pendidik di Kabupaten Bangkalan akan menitikberatkan pada berbagi praktik Baik dalam pengalamannya menjadi pemimpin pembelajaran di kelas selama ini.




Sasarannya adalah agar setiap guru dapat menyumbangkan satu artikel dengan metode STAR, dengan aspirasi melibatkan 5000 guru (anggota PGRI) di Kabupaten Bangkalan. penulisan diharapkan maupun menulis naskah yang memuat: a) situasi, b) tantangan, c) aksi, dan d) refleksi. Keempat hal ini jika disingkat menjadi akronim STAR. Selanjutnya, dalam tulisan ini disebut sebagai metode STAR.

Berikut penjelasan dari dari metode STAR

1) situasi, yaitu hal-hal terkait kondisi yang menjadi latar belakang masalah. Alasan praktik baik yang dilakukan penting, dan peran dan tanggung jawab peserta dalam praktik baik yang dilakukan.

2) tantangan, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan tantangan untuk mencapai tujuan praktik tersebut termasuk di dalamnya pihak-pihak yang terlibat.

3) aksi (sinopsis konten video). Aksi terkait langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan/bagaimana pelaksanaannya, siapa saja yang terlibat, dan/atau apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

4) refleksi, terkait hasil dan dampak. Pada bagian ini menjawab tentang bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan. Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif, serta mengapa, bagaimana respon orang lain terkait praktik yang dilakukan. Selain itu, uraikan apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan, dan/atau pembelajaran apa dari keseluruhan proses tersebut.



Partisipasi aktif dalam menulis artikel diharapkan akan membawa kesuksesan nasional dalam pencapaian rekor penulisan artikel berfokus pada berbagi praktik baik Guru-guru di Kabupaten Bangkalan . Kegiatan ini akan dimulai pada Kamis, 25 April, di Kecamatan Tanjung Bumi, Kokop, dan Kecamatan Sepulu, di SMA Tanjung Bumi. Kegiatan ini akan diteruskan di tiap kecamatan dan cabang PGRI di Kabupaten Bangkalan.


Rapat konsolidasi, sosialisasi dan Diklat dihadiri oleh sekretaris PGRI Kabupaten Bangkalan Suraji dan beberapa pengurus Kabupaten juga dihadiri oleh pengurus-pengurus PGRI di cabang sepulu Kecamatan Tanjung Bumi dan

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sosialisasi untuk pencapaian target rekor nasional penulisan artikel berbagi praktek baik untuk teman-teman guru se Kabupaten Bangkalan. Semoga kegiatan ini bisa terealisasi menuju MURI karena kita harus keluar dari zona nyaman untuk menggerakkan ekosistem literasi yang berkemajuan. Salam PGRI Bangkalan!

Komentar

Postingan Populer