TIGA PILAR PENTING DALAM MEMBANGUN KUALITAS GURU

  


Guru merupakan salah satu pilar fundamental dalam pendidikan. Kualitas guru sangat menentukan kualitas pendidikan dan masa depan bangsa. Oleh karena itu, membangun kualitas guru menjadi sebuah kebutuhan mendesak dan penting. Berikut 3 alasan mengapa membangun kualitas guru itu penting:

1. Penguatan kapasitas dan kapabiltas

Penguatan kapasitas dan kapabilitias bagi seorang guru merupakan kunci penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini karena guru merupakan elemen kunci yang sangat penting dalam memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswa.

Penguatan kapasitas dan kapabilitas memerlukan kesadaran secara mandiri oleh guru untuk terus melakukan proses peningkatan kualitas diri. Penguatan kapasitas merupakan suatu proses peningkatan daya tampung untuk terus menerus meningkatkan kapabilitasnya/ kompetensinya dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan secara efektif dan efisien.

Islam mengajarkan untuk meningkatkan kapasitas dengan janji Alloh swt akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu, ilmu yang bermanfaat adalah salah satu inves terbaik sejajar dengan sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir tak terhenti.

Untuk mengukur kapasitas dan kapabilitas guru, ada 3 indikator penilaian yang bisa dijadikan panduan ; (1) Kemampuan dalam mendesain Rencana Pembelajaran (teaching plans and materials) atau disebut dengan RPP, (2) Kemampuan dalam mengelola Prosedur Pembelajaran (classroom procedure), dan (3) Membangun hubungan antar pribadi yang baik (Interpersonal skill).

Kapasitas dan kapabilitas guru menjadi bagian penting dalam 4 komponen yang menjadi standar BAN PDM untuk mengukur nilai dan status akreditasi lembaga yang meliputi ; Mutu Lulusan, Mutu Guru, Proses pembelajaran dan manejemen Sekolah. Dalam proses observasi kelas secara langsung asesor akan melakukan penilaian terkait kapasitas dan kapabilitas guru dalam pembelajaran.Cerminan ini tergambar kepada tiga hal ; (1) Profesional Capacity yang nampak pada kemampuan intelegensi, sikap dalam mengelola proses pembelajaran, (2) Profesional Effort, kemapuan mentranformasikan kapabilitas dirinya dalam pembelajaran (3) Profesional Time Devotion mengelola waktu secara baik dalam melaksanakan tugasnya.


2. Penguatan Responsibility

Sikap tanggung jawab adalah elemen penting bagi kehidupan pribadi maupun sosial . terlebih lagi ketika pilihannya profesinya adalah guru. Guru merupakan profesi luhur dan mulia mengajar sekaligus medidik. Era digital tetap peran guru tidak pernah bisa tergantikan sebagai role model bagi anak.

Tanggung jawab yang maha berat ini memerlukan energy plus bahwa mendidik memerlukan kekuatan tidak hanya intelektual semata tetapi juga kekuatan spiritual dengan ikhtiar doa, sholat dan bermunajat sebagai ruh dari mission sacree seorang guru.

Jika guru dipandang sebagai profesi semata, maka tugas mendidik mengajar hanya sampai gerbang sekolah, guru hanya melaksanakan tanggung jawabnya untuk transfer knowledge semata maka, hilanglah barokah dari profesi itu hingga lenyap pula istilah guru itu digugu dan ditiru ( kata-katanya didengar prilakunya dijadikan contoh )

Islam memberikan pesan kepada kita untuk anak didik kita sebagaimana sayyidina ali berpesan : didiklah anak-anakmu sesuai zamannya karena dia akan menghadapi era/ zaman yang jauh berbeda dengan zaman kita hari ini .


3. Penguatan Kesejawatan

Membangun hubungan baik dalam satu profesi akan membawa dampak positif diantaranya ; bisa saling berbagi praktek baik, saling memotivasi, saling melengkapi dalam admistrasi dan tugas.

Penguatan ini dapat dilakukan dalam perberdayaan forum-forum resmi semacam KKG, MGMP, Kombel, dalam organisasi profesi PGRI dll.

Membangun komunitas dan jaringan mutlak diperlukan dalam bahasa agama ( silaturrohmi ) karena diantara fungsinya bisa melapangkan rejeki dan meperbanyak koneksi ( dalam arti positif ) Kebersamaan melahirkan kekuatan yang dapat meringankan pekerjaan yang berat, memudahkan perkara yang sulit dan mengukuhkan solidaritas dan kekompakkan.


Mari bersama wujudkanya bersama demi Indonesia yang berkemajuan dan Guru yang selalu terdepan sebagai pemimpin pembelajar!


Imam Syafii,S.Pd.I.,M.Pd.I

Wakil ketua DAN jg

Ketua YPLP PGRI BKL


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer