Menulis KTI, Siapa Takut?
Penulisan Karya Tulis Ilmiah sebagai Sarana Pengembangan Profesionalisme Guru
Karya tulis ilmiah merupakan salah satu sarana pengembangan profesionalisme guru. Melalui penulisan karya ilmiah, guru dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesionalnya.
Karya tulis ilmiah dapat berupa laporan penelitian, makalah, artikel, atau buku. Laporan penelitian merupakan karya tulis ilmiah yang melaporkan hasil penelitian yang dilakukan oleh guru. Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang membahas suatu topik tertentu secara mendalam. Artikel merupakan karya tulis ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Buku merupakan karya tulis ilmiah yang diterbitkan secara lengkap.
Penulisan karya tulis ilmiah memiliki banyak manfaat bagi guru, antara lain:
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru. Melalui penulisan karya ilmiah, guru akan didorong untuk mempelajari berbagai sumber informasi, baik dari buku, jurnal, maupun internet. Hal ini akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam bidang yang diminatinya.
- Mengembangkan wawasan guru. Penulisan karya ilmiah juga akan mengembangkan wawasan guru terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.
- Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif guru. Penulisan karya ilmiah menuntut guru untuk berpikir kritis dan kreatif dalam mengembangkan ide-idenya.
- Meningkatkan kemampuan komunikasi guru. Penulisan karya ilmiah juga akan meningkatkan kemampuan komunikasi guru dalam menyampaikan ide-idenya secara tertulis.
Penulisan karya tulis ilmiah merupakan kegiatan yang penting bagi guru. Oleh karena itu, guru perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam penulisan karya ilmiah.
Berikut ini adalah beberapa tips dalam penulisan karya tulis ilmiah bagi guru:
- Pilihlah topik yang sesuai dengan bidang keahlian guru. Hal ini akan memudahkan guru dalam mengumpulkan informasi dan mengembangkan ide-idenya.
- Lakukan riset yang mendalam. Guru perlu mengumpulkan informasi yang lengkap dan akurat untuk mendukung tulisannya.
- Gunakan bahasa yang jelas dan lugas. Guru perlu menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
- Lakukan penyuntingan dan perbaikan sebelum karya ilmiah dipublikasikan. Hal ini untuk memastikan bahwa karya ilmiah yang dihasilkan sudah memenuhi standar penulisan karya ilmiah.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis karya tulis ilmiah. Hal ini akan bermanfaat bagi pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Kali ini PGRI Bangkalan mebcoba memfasilitasi PGRI Kec. Socah yang memiliki keinginan kuat agar ada pengembangan diri berupa Penulisan Karya Ilmiah. Alhamdulillah dengan adanya lomba KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang telah dilaksanakan.
PGRI Bangkalan memiliki aset sebagai narasumber yang memang seorang praktisi. Ibu HARFINA INDRIYANI ,M.Pd dari UPTD SMP Negeri 1 Burneh yang notabene adalah Juara satu tingkat kabupaten LKTI SMP/MTS pada peringatan HGN & HUT ke-78 PGRI.
DATA PESERTA WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH |
||
PGRI CABANG SOCAH |
||
18 s.d. 21 November 2023 |
||
NO |
NAMA |
SEKOLAH |
1 |
MISMANI, S.Pd |
SDN SOCAH 1 |
2 |
Ika Purnamasari,
S.Pd.SD |
SDN SOCAH 2 |
3 |
Muhamad Rizal
Yunnanda, S.Pd |
SDN SOCAH 3 |
4 |
SRI JUWAIRIYA,S.Pd |
SDN SOCAH 4 |
5 |
Urip Supriyadi, S.Pd. |
SDN KELEYAN 1 |
6 |
HAIRIL HAMIDI
SANI,S.Pd.M.Pd |
SDN KELEYAN 2 |
7 |
YULIA HARDIYANTI, S.Pd |
SDN KELEYAN 3 |
8 |
OKTAMALA FAUZIAH, S.Pd |
SDN KELEYAN 4 |
9 |
ISTIQOMAH, S.Pd |
SDN BILAPORAH 1 |
10 |
MUSIFAH, S.Pd |
SDN BILAPORAH 2 |
11 |
SYUFIYAH, S.Pd. SD |
SDN BILAPORAH 3 |
12 |
SRI RATU AYU LESTARI,
S.Pd |
SDN BILAPORAH 5 |
13 |
MOH. FAUZI, S.Pd |
SDN JADDIH 1 |
14 |
Suhartatik ,S.Pd |
SDN JADDIH 2 |
15 |
SUPARTINI, S.Pd |
SDN JADDIH 3 |
16 |
Mohamat Samsul
Muarifin S.Pd |
SDN JADDIH 4 |
17 |
MOH. YUSUF, S. Pd |
SDN JADDIH 5 |
18 |
MOH. AMIN, S. Pd |
SDN JADDIH 6 |
19 |
AHMAD YULIANTO, S.Pd |
SDN JADDIH 7 |
20 |
HOIRIYAH, SPd |
SDN PARSEH 1 |
21 |
Abdul Halim
Rusbiyanto, S. Pd., M. Pd |
SDN PARSEH 2 |
22 |
Halilah, S.Pd |
SDN PARSEH 3 |
23 |
Abdul Hawari, S.Pd.I |
SDN PARSEH 4 |
24 |
YUYUN HARIYANTI,
S.Pd.SD |
SDN PARSEH 5 |
25 |
Solehah,S.Pd |
SDN SANGGRA AGUNG 1 |
26 |
MUHAMMAD MANSYUR,
M.Pd.I |
SDN SANGGRA AGUNG 2 |
27 |
Holifatul Riskiyah,
S.Pd |
SDN SANGGRA AGUNG 3 |
28 |
Husnul Hotimah,
S.Pd.SD |
SDN BULUH 1 |
29 |
Siti Annisah,S.pd |
SDN BULUH 2 |
30 |
Saiful Bahri, S. Pd |
SDN BULUH 3 |
31 |
Rokhmatus Solihah,
S.Pd |
SDN JUNGANYAR 1 |
32 |
NURHAYATI,S.Pd.SD |
SDN JUNGANYAR 2 |
33 |
Jayanti Alfiyah,S.Pd |
SDN JUNGANYAR 3 |
34 |
ASIYAH, S.Pd.I |
SDN DAKIRING 1 |
35 |
ENDANG WAHYUNI
,S.Pd.SD |
SDN DAKIRING 2 |
36 |
EFI ZULAECHA,S.Pd |
SDN PERNAJUH |
37 |
USROTUS SALAMA, S.Pd.I |
SDN PATAONAN 1 |
38 |
HERLINA INDAH
NURLAILA, S.Pd.SD |
SDN PATAONAN 2 |
39 |
MOHAMMAD HASAN, S.Pd |
SDN PATAONAN 3 |
40 |
NOVA SETYA PURNASARI,
S.Pd |
SDN PATAONAN 4 |
41 |
INAYATI, S.Pd |
SMPN 1 SOCAH |
42 |
MARDIYANTI, S.Pd |
SMPN 1 SOCAH |
43 |
EDDI FEBRIANTO, S.Pd |
SMPN 2 SOCAH |
44 |
ARDIAN WAHYUNI, SP |
SMPN 2 SOCAH |
45 |
HERNAWATI, S.Pd. M.Pd |
TK PGRI 2 BULUH |
46 |
DEWI RATNA NINGRUM,
S.Pd. AUD |
TK ABA 2 SOCAH |
47 |
TRI CAHYANI
KUSUMADEWI, SE, S.Pd |
TK AL-ISLAM KELEYAN |
48 |
Nurul Qomariyah, S.Pd,
M.Pd |
TK NEGERI PEMBINA
SOCAH |
49 |
Maryamah, S.Sos |
TK AGUNG MULIA SANGGRA
AGUNG |
50 |
Sulastri, S.Pd |
TK MNU SITI FATIMAH
KELEYAN |
51 |
MUKHLAS BASHIRI, S.Pd,
M.Pd |
SDN JADDIH 2 |
52 |
HOLIK, S.Pd |
SDN KELEYAN 4 |
53 |
ABDUL ROZAQ, S.Pd,
M.Pd |
SDN PATAONAN 1 |
54 |
SITI ALIFAH, S.Pd,
M.Pd |
SDN SOCAH 3 |
55 |
MUAMMIL, S.Pd |
SDN SANGGRA AGUNG 3 |
56 |
SITI KAMILIYATUN, S.Ag |
SMPN 2 SOCAH |
57 |
NASA'I, S.Pd |
SDN BULUH 3 |
58 |
SRI FATMAWATI, S.Pd |
SMPN 1 SOCAH |
59 |
PRIHONO, S.Pd |
SDN KELEYAN 3 |
60 |
SUBAKIR, S.Pd, M.Pd |
SDN KELEYAN 1 |
Terima kasih Pak
BalasHapusLuar biasa, semoga dlm pengembangan profesi kita bisa konsisten menghasilkan karya yg bermanfaat utk ilmu pengetahuan