Pendidikan di Bangkalan harus "Berkemajuan & Merdeka"




Teknologi masa kini mununtut kemajuan berfikir yang komprehensif dan juga pemikiran kontemporer yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman sesuai dengan filosofi Ki hadjar Dewantara tentang kodrat zaman yang bergerak amat pesat dan dinamis. Selain itu kodrat alam yang baik juka akan menjadi tempat tumbuhnya pemikiran positif hingga mengantarkan pendidikan yang menuju keselamatan dan kebahagiaan.

Kabupaten Bangkalan sebagai daerah pertama yang bersentuhan langsung dengan Kota Surabaya sebagai bagian kota metropolitan, sewajarnya jika harus memiliki kemampuan yang adaptif agar cepat tanggap dan tidak terlindas oleh perputaran roda kehidupan yang sudah kompleks ini. sejauh ini belum terlalu nampak untuk bergeliat minimal menyamai Kota Surabaya, hal inilah yang harus menjadi sudut pandang bagi pemerintah Kabupaten Bangkalan.

Berkemajuan memiliki makna bergerak kedepan dan progresif, artinya bahwa pendidikan Bangkalan harus terus bergerak kearah yang lebih maju dan bisa meningkatkan segala kompetensi sehingga IPM (Indeks Pembangunan Manusia) bisa meningkat signifikan. Pergerakan ini bisa dilakukan dengan memacu motivasi Guru agar bisa mengikuti program-program upgrade diri misalnya mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.

Indikator kemajuan dalam dunia pendidikan bisa dilhat dari bagaimana manajemen pendidikan dilkasanakan secara holistik yaitu dengan memudahkan masyarakat memperoleh dan menjangkau pendidikan itu sendiri. Selain itu kemudahan untuk mendaptkan akses belajar dengan terjangkau akan menjadikan salah satu ujung tombak  pengembangan pola dan ekosistem pendidikan agar terus bergerak kearah kemajuan.

Indeks pengembangan Manusia (IPM) Kabupaten Bangkalan sejak beberapa tahun ini memiliki peningkatan akan tetapi belum sangat signifikan. Contoh saja seperti data yang diperoleh dari BPS ada kenaikan 1,07%, hal ini dikarenakan adanya pandemi yang berkepanjangan sehingga masyarakat baru bisa menyesuiaikan secara perlahan namun pasti dan dengan jiwa optimis. Semua komponen kepemerintahan khusunya yang berkaitan dengan dunia pendidikan baik secara langsung ataupun sifatnya kolaboratif haruslah mengkoneksikan agar tercapainya perkembangan pendidikan secara utuh.

Sangat bisa kita lihat bahwa dunia pendidikan sudah semakin maraknya sekolah-sekolah yang sudah mampu menerpakan kurikulum merdeka sebagai landasan acauan kurikuluim terbaru. Hal ini dilakukan untuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan yang berpihak pada murid, memanfaatkan lingkungan dan semua aset yang dimiliki sekolah sebagai sumber belajar dengan adaptasi sosial yang tinggi. kolaborasi yang tinggi antara dinas pendidikan dan komunitas praktisi pendidikan amat sangat diperlukan agar tercipta pendidikan yang menjunjung tinggi integritas dan keterbukaan manajemen. Harapan kedepan agar terus bergerak maju secara bersama dan merata, membangun secara progresif agar lebih mudah tercapai pendidik yang merdeka dengan memanusiakan manusia.

Semoga Pendidikan Bangkalan makin Maju!!!


By: SURAJI, M.Pd


Komentar

Postingan Populer